3 Sep 2009

Atlit Xiangqi/ Catur Gajah Nasional Berjaya

JAMBI – Untuk kali pertama atlit Xiangqi nasional yang memgikuti World Xiangqi Championship/ Kejuaraan Xiangqi Dunia ke-XI di Kota Xin Tai, Provinsi Shandong, China berhasil meraih prstasi yang gemilang.

Iwan Setiawan merupakan salah satu dari enam peserta World Xiangqi Championship yang di kirim Pengurus Besar Persatuan Xiangqi Indonesia (PB-PEXI) ke kota Xint Tai, Provinsi Shandong.

Event World Xiangqi Championship merupakan enet tahunan yang di ikuti 27 Negara dengan jumlah peserta sebanyak 78 atlit/ orang. Iwan, adalah putra kelahiran Bangka Belitung yang diturunkan dalam kategori non-Chinese/ Vietnamese Individual.

Ternyata Iwan Setiawan tidak mau kalah begitu saja terhadap para pemain tangguh dari berbagai negara, selangkah demi selangkah Iwan mengalahkan para pemain yang telah memiliki segudang pengalaman, termasuk Iwan dapat mengalahkan pemain senegara, Dayatno Hardjo.

Keberhasilan Kontingen Xiangqi Indonesia merupakan keberhasilan yang pertama kalinya, juga tidak lepas dari pendekatan pengurus PB Pexi dengan atlit, timnas ke Shandong langsung dipimpin oleh Ketua PB Pexi, Taher Ferdian.

Menurut Sekretaris Umum PB Pexi, Frans Erasmus Lala, SH, melalui telepon selular mengatakan bahwa, “PB Pexi mengirimkan enam atlit putra dan satu atlit putri, timnas Xiangqi langsung dipimpin oleh Ketua Umum PB Pexi, Taher Ferdian,” tambah Lala, ,”ini merupakan kali pertama atlit Xiangqi Indonesia meraih prestasi yang cemerlang, mudah-mudahan dimasa mendatang atlit muda dan berbakat bisa bermunculan.” Ujarnya. (RM)