26 Okt 2010

Umat Khonghucu Rayakan Ultah Kwan Im

JAMBI – Dari luar klenteng, tercium aroma wewangian berasal dari ribuan gaharu, begitu memasuki klenteng, ratusan lilin dari ukuran besar dan kecil memancarkan sinar menambah semaraknya perayaan ulang tahun Sin Beng, Nam Hai Kwan Se Im atau yang lebih dikenal dengan Welas Asih yang jatuh pada 26 Oktober 2010 (Kau Gwee Cap Kao imlek).

Ternyata sejak pagi hari ratusan umat Khonghucu silih berganti mendatangi Klenteng Nam Leng Tong yang dibangun pada tahun 1961 lalu di kawasan Jalan Sri Gunting, Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung (simpang kapuk) untuk sembahyang Hari Ulang Tahun Dewi Nan Hai Kwan Im (dewi asih). Mayolitas yang datang sembahyang ultah Kwan Se Im (dewi Wales Asih) adalah kaum hawa.

Karena Sin Beng Nan Hai Kwan Im dikenal sebagai dewi asih yang sangat menyayangi dan pemerhati insan diatas muka bumi.

Berbagai sesajian yang dipersembahkan oleh umat, seperti buah-buahan segar, bunga segar dan berbagai sesajen pendamping seperti Cien Up (permen), Kim Cua (kertas sembahyang), selain tampak puluhan lilin-lilin merah ukuran raksasa menghiasi ruangan klenteng yang dipersembahkan umat Khonghucu.

Menurut Shinta (40) salah seorang umat yang diwawancarai, bahwa setiap ulang tahun Kwan Im dia selalu hadir, untuk sembahyang memohon agar dewa Wales Asih dapat memberikan perlindungan terhadap keluarganya (harmonis), murah rejeki dan negara aman. Katannya.

Perayaan HUT Nan Hai Kwan Im (dewi Wales Asih) di Klenteng Lam Leng Tong tidak saja ramai dikunjungi umat Khonghucu. ternyata Vihara Sakyakirti yang terletak di Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Sulanjana, Kecamatan Jambi Timur juga ramai dikunjungi umat Buddha. (rom)

http://ayojambi.com/
http://www.banyurawa.com/
http://informasi-mediakita.blogspot.com/
http://multmedia.multiply.com/
http://makin-jambi.blogspot.com/
http://komunitas-jambi.blogspot.com/
http://www.griyakuliner.com/