22 Nov 2010

Kathina, Merupakan Hari Berdana

JAMBI - Gema Kathina telah tiba berkumandang sejak sebulan lalu, genta dan doa di setiap vihara maupun cetiya dimana-mana,
disetiap sudut kota besar maupun kota kecil umat Buddha telah mempersiapkan segalanya untuk puja bakti maupun perayaan ”Hari Sangha” tersebut, demikian juga dengan Cetiya Oenang Hermawan Jambi yang beralamat di Jalan Makalam No. 10A Rt. 17 Kelurahan Cempaka Putih, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Minggu (21/11) sejak pukul 17.00 WIB ratusan umat telah berdatangan ke Cetiya Oenang Hermawa untuk mengikuti prosesi Perayaan Hari Kathina 2554.BE/2010.

Kathina diadakan setelah para bhikkhu/ bhikkhuni menyelesaikan masa Vassa selama 3 (tiga) bulan penuh. Vassa (baca wasa red) merujuk pada musim dimana pada musim tersebut para Bhikkhu/ bhikkhuni Sangha tidak diperkenankan keluar dari vihara maupun cetiya seperti pada hari-hari biasa. Para bhikkhu/ bhikkhuni, yang tinggal disuatu tempat dimana mereka bertekad untuk berVassa selama tiga bulan, harus menentukan tempat itu sebagai tempat tinggal selama Vassa.

Perayaan Hari Kathina tahun ini dipimpin langsung oleh Bhikkhu Sangha terdiri dari
Para bhikkhu agung terdiri dari Bhikkhu Phra Boonsuk Sukhapunyo, Phra Kamsai Pomsiri, Phra Hut Pantikto, Phra Rat Soon Sopin, Phra Suksanonwan, Phra Aus Sadanut Srisatittum, Phra Saksakol, Phra Maha Keattikun Chotirat, Phra Prapan Lukmun, prosesi dimulai pukul 18.00 WIB diawali Penyalaan lilin dan dupa oleh para Bhikkhu, Namaskara Hatha, Aradhana Pancasila, Pembacaan Paritta, Dhammadesana, Dana Kathina, Anomodana Kathina, Pemercikan air Paritta, Etavatta, Namaskara Gatha dan ramah tamah, acara berakhir sekitar pukul 21.00 WIB.

Hari Kathina merupakan suatu kesempatan baik bagi umat Buddha untuk menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada Bhikkhu Sangha atas bimbingan Dhamma yang diberikan oleh mereka. Hari Kathina juga merupakan suatu momen yang baik bagi umat Buddha atau siapa saja untuk melakukan melakukan dana kepada Sangha yang merupakan ladang yang subur untuk menabur perbuatan baik. Pada Hari Kathina ini para umat bisa memberikan dana berupa: 1. civara (jubah) 2. ahara (makanan) 3. sena-sana (tempat tinggal) dan 4. besajja (obat-obatan).

Menurut Bhante Kamsai dengan mempersembahkan dana Kathina kepada Bhikkhu Sangha akan memperoleh usia panjang, kecantikan, kebahagian dan kekuatan.

“Setelah tiga bulan masa Vassa selesai, maka umat datang ke Vihara atau Cetiya untuk mempersembahkan dana kathina, persembahan dana Kathina selama satu bulan dalam setahun, sedangkan pahala dari persembahan Kathina itu sangat besar bagi umat yang bersangkutan“ (rom).

http://www.ayojambi.com
http://www.banyurawa.com
http://www.media-nusantara.blogspot.com/
http://www.multmedia.multiply.com/
http://www.tradisi-jambi.blogspot.com/
http://informasi-mediakita.blogspot.com/
http://media-fotografers.blogspot.com/
http://multi-video.blogspot.com/
http://youtube.com/my_videos
http://komunitas-jambi.blogspot.com/
http://cetiyaoenang.blogspot.com/