8 Feb 2011

Umat Khonghucu Jambi Rayakan Se Jit Cheng Cui Co She

JAMBI – Enam hari setelah perayaan Imlek 2562, ratusan umat Khonghucu di Jambi Selasa pagi (7/2-2011) mendatangi Klenteng “Hok Kheng Tong” yang terletak dikawasan Koni IV, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung.
Kedatangan ratusan umat Khonghucu tersebut adalah untuk menyambut dan memeriahkan peringatan hari jadi sin beng (dewa) Cheng Cui Co She atau yang lebih dikenal dengan panggilan Co She Kong di Klenteng “Hok Kheng Tong” Kota Jambi.

Mereka silih berganti berdatangan ke Klenteng Hok Kheng Tong untuk mengikuti prosesi upacara ultah Cheng Cui Co She, perayaan ini merupakan ritual diawal tahun 2011.

Upacara sembahyang langsung di Pimpin oleh Lim Tek Chong Tau She (Sai Kong) dari Tiongkok, upacara mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00, sebagaimana biasanya berbagai sesajen terbentang di atas meja berwarna merah ada juga sesajian yang dibawa oleh umat sendiri.

Prosesi upacara terbagi dalam dua tahap, yakni tahap pertama sembahyang menghadap altar Tie Kong (bahasa hokkien), artinya Tuhan red, tahap kedua baru sembahyang di altar Cheng Cui Co She (Co She Kong). Tahap demi tahap diikuti oleh segenap pengurus klenteng Hok Kheng Tong dan Lo Cu (panitia), seusai tahap pertama umat Khonghucu di hibur oleh Barongsai dari Perkumpulan Hok Liong Sai, setengah jam kemudian, prosesi upacara kedua dilanjutkan didalam altar Cheng Cui Co She (Co She Kong).

Seusai sembahyang tersebut, semua sesajen lalu dimasak dan dimakan bersama. Menurut kepercayaan umat, dengan memakan makanan dari hasil sembahyang ulang tahun para sin beng, diri mereka akan mendapatkan perlindungan dari mahluk jahat. (rom)