11 Mar 2011

Legenda Ong Seng Kong (#2)

JAMBI - Menurut legenda asal muasal Dewa Ong Seng Kong sebelum dititis menjadi dewa adalah sesosok manusia yang dikenal sangat menyayangi hutan berantara yang hijerah dari Tiongkok ke Indonesia bermukin didaerah antara Jambi dan Palembang, beliau rela bermukim didalam hutan untuk merawat hutan yang tidak dirawat oleh manusia bahkan menghabiskan waktu seorang diri didalam rimba yang terdapat di pulau Sumatera,
bahkan sampai Ong Seng Kong wafat dan dikebumikan didaerah Bayunglincir (Sumsel) sedangkan rohnya dititis menjadi Sin Beng (dewa).

Mengingat jasa-jasa Ong Seng Kong yang begitu besar terhadap alam semesta maka masyarakat di Tiongkok membuatkan Kim Sin atau patung yang merupakan wajah Ong Seng Kong dan dibuatkan altarnya untuk disembahyangkan masyarakat Tionghoa.

Maka pada hari Jumat, 11 Maret 2011 (imlek Sa Gwee Jui Jit) Klenteng Kuang Leng Miau dibilangan Jalan Brigjen Katamso, Lorong Sriwijaya Rt. 12 Kelurahan Kasang, Kecamatan Jambi Timur merayakan ulang tahun Ong Seng Kong dan sekaligus melakukan sembahyang Kho Kun, pada hari yang sama di Klenteng Sam Liong Kiong yang terletak di Rt. 19 No. 76 Kelurahan talang Bakung, Kecamatan Jambi Selatan, kota Jambi hanya melakukan hajatan ulang tahun sang dewa Ong Seng Kong.

Menurut penuturan beberapa tua tengganai di klenteng Kuang Leng Miau kepada Makinjambi.com, bahwa sangat meragukan keberadaan makam Ong Seng Kong yang kabarnya dikebumikan di Bayung Lincir, karena jika memang ada pastilah warga pada kesana. Namun tidak dapat dipungkiri memang Ong Seng Seng adalah seorang penyayang rimba (hutan) yang pernah bermukim di Jambi masa lalu, selanjutntya ujar Djoni legenda tersebut telah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

http://ayojambi.com/
http://banyurawa.com/
http://www.makinjambi.com/
http://informasi-mediakita.blogspot.com/
http://media-nusantara.blogspot.com/
http://multmedia.multiply.com/
http://tradisi-jambi.blogspot.com/
http://media-fotografers.blogspot.com/
http://komunitas-jambi.blogspot.com/
http://multi-video.blogspot.com/
http://youtube.com/my_videos
http://videoku.tv/Multimedia/