3 Apr 2011

Wapres Resmi Buka Jambi Expo 2011

JAMBI - Wakil Presiden Boediono secara resmi membukan kegiatan Jambi Expo 2011.

Pada kegiatan yang digelar di arena eks-MTQ Kota Jambi, Jumat, Wapres berpesan agar kegiatan Jambi Expo benar-benar bisa memperkuat ekonomi daerah yang akan berimbas pada peningkatan ekonomi masyarakat.
"Saya dengar ini merupakan Jambi Expo pertama, mudah-mudahan akan lebih banyak investor yang mengenal kekayaan daerah di Jambi dan Sumatra pada umumnya sehingga bisa memancing penanaman modal di daerah," ujarnya.

Boediono mengaku sangat terkesan dengan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA) di Provinsi Jambi.

"Masyarakat Jambi sangat antusias dan ramah, begitu juga kekayaan alamnya ini merupakan aset berharga bagi kemajuan daerah," katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Hasan Basri Agus dalam pemaparannya mengatakan, Jambi Expo 2011 tidak hanya diikuti oleh instansi pemerintah setempat namun juga ratusan perusahaan-perusahaan swasta baik di Jambi maupun provinsi tetangga.

Dia mengatakan, Provinsi Jambi sangat kaya akan SDA mulai dari kekayaan minyak dan gas (migas), hasil perkebunan berupa karet, sawit, pinang, kopi, kakau serta hasil produksi pertanian maupun perikanan. Begitu juga hasil olahan pendukung lainnya.

"Kami bertekad menarik sebanyak mungkin investor datang ke Provinsi Jambi. Kami yakin dengan modal SDM dan SDA yang ada disini bisa bersaing," katanya.

Menurut dia, antusias masyarakat Jambi dalam penyelenggaraan Jambi Expo 2011 dibuktikan dengan anggaran yang mencapai total Rp2,5 miliar sama sekali tidak dibiayai oleh daerah. Namun, oleh kalangan pengusaha dari yang kecil hingga perusahaan ternama di daerah itu.

"Ini bukti masyarakat Jambi sangat ingin memperkenalkan kemampuan manusia dan alamnya. Ini juga menggambarkan betapa Provinsi Jambi sangat kaya akan hasil-hasil alam yang bisa bersaing dengan daerah lain," tambahnya.

Usai meresmikan pembukaan Jambi Expo 2011, Wapres didamping istri Ny, Herawati Boediono beserta rombongan berkesempatan meninjau pameran pada Jambi Expo 2011.

Turut hadir juga Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fawzi, Menteri Kesehatan, Endang Sri Rayahyu, Menteri Pertanian, Suswono, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, dan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal, Gubernur Sumatra Selatan, H.Alex Noerdin.
(ANT)