11 Sep 2011

Uji Keterampilan Dalam Arung Jeram Di Merangin

JAMBI - Salah satu obyek wisata sungai Manau yang terletak di Desa Air Batu, Kecamatan Renah Pembarab, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi ini cukup mengasikan bagi yang hobi terhadap olahraga arung jeram, airnya mengalir melewati perbukitan dan beberapa lembah dengan medan yang cukup terjal dan berbelok-belok. Jarak dari kota Bangko ke lokasi Air Batu kisaran 31 kilometer.
Selain itu, Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten perlu memperbaiki insfrastruktur jalan yang memadai untuk menuju ke lokasi Desa Air Batu, menurut Kades Batu Air, Bustanudin, mereka telah ajukan pengaspalan dan listrik, “Mudah-mudahan tahun depan jalan masuk ke Desa Air Batu akan diaspal berikut listrik, karena kita telah mengajukan pengaspalan dan listrik Pemda Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten.”

Jumat kemarin (9/9) kemarin, wartawan dari Majalah China Town, Metro TV, International Daily Newn, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi berikut empat pemanduk arung jeram dari Desa Air Batu.

Track Arung Jeram Merangin berjarak sekitar 10 Kilometer dengan spesifikasi grade 4 (Jeram Amin) yang membutuhkan keterampilan Khusus dari Rafter, selain itu juga terdapat grade 3 yang tak kalah dengan grade 4 serta grade 2.

Di lokasi ini sudah dua kali diadakan lomba arung jeram tingkat nasional, keunikn dan keindahannya membuat asyik dan kepuasan tersendiri. Bagi para arung jeram sangat menantang dan berbahaya, batu-batunya besar, airnya deras dan berombak, medannya cukup panjang dan menentang.

Oleh karena itu Pemerintah Daerah Kabupaten Merangin menetapkan kawasan daerah aliran sungai Manau sebagai salah satu tujuan wisata di kabupaten Merangin Jambi, khususnya buat olahraga arung jeram.

Bagi wisatawan yang memiliki hobi menantang dalam olahraga arung jeram, sangat tepat jika memilih sungai Manau Merangin sebagai salah satu tempat melakukan olahraga arung jeram. Karena sungai Manau Merangin didukung dengan medan yang ekstrim dan rintangan yang sangat menantang, seperti dinding-dinding sungai dengan celah yang sempit, tebing yang curam dan dikelilingi oleh batu-batu besar, serta air sungai yang mengalir dengan deras dan siap menghempaskan siapa saja.

Di sungai ini, pernah digelar perlombaan olahraga arung jeram skala nasional sampai beberapa kali, terakhir diadakan pada awal tahun 2009. Para peserta yang ikut dalam lomba arung jeram ini cukup banyak. Mereka datang dari berbagai daerah di Provinsi Jambi maupun dari luar daerah di tanah air. Mereka datang dengan satu tujuan, yaitu mencoba menaklukkan liarnya air sungai, ekstrimnya medan perlombaan, dan menjadi yang terbaik dari para peserta lomba lainnya.

Selain menikmati tantangan olahraga arung jeram, para wisatawan juga bisa menikmati suguhan keindahan alam di sepanjang aliran sungai. Karena pemandangan alam yang begitu asri. (Romy)