20 Okt 2008

Kathina Puja

Bertempat di Gedung Vipassana Yayasan Jaya Manggal, Minggu (19/10) berobah menjadi lautan umat Buddha, pasalnya kehadiran umat Buddha tersebut untuk mengikuti prosesi perayaan Kathina Puja yang dilakukan mulai pukul 15.30, namun kehadiran umat lebih awal dari perkiraan panitia.

Dengan membludaknya umat Buddha sehingga membuat panitia kewalahan, betapa tidak gedung Vipassana yang berlantai 2 (dua) telah dipadati ratusan umat, sehingga ada yang tidak kebagian tempat untuk mengikuti prosesi Khatina yang sedang berlangsung.

Karena antara bulan Oktober - November adalah momen istimewa bagi umat Buddha untuk berdana, karena inilah saat yang tepat bagi umat untuk bertanam di ladang yang subur. Berdana kepada Sangha melalui para bhikkhu adalah karma baik yang sangat tinggi nilainya dibandingkan dengan berdana kepada yang lain.

Anak-anak sekolah minggu mulai dari Play Group sampai SMA ramai dengan wajah ceria berdana kepada Bhikkhu Sangha di Vihara Jaya Manggala yang beralamat di jalan Gajah Mada, Nomor 23, Rt. 28, Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, “satu per satu anak-anak kecil itu bersujud di depan altar dan menyerahkan tabungan mereka untuk berdana kepada Sangha,”

Menurut keterangan Sekretaris Yayasan Jaya Manggala Jambi, dr. Erdiyanto, bahwa tidak disangka tahun ini luar biasa umat yang mengikuti perayaan Kathina Puja, bahkan gedung Vipassana yang berlantai 2 (dua) sampat pada sehingga umat terpaksa mengikuti prosesi Kathina dari luar, mudah-mudahan untuk acara ditahun-tahun mendatang lebih ramai lagi (rom/perwakilan majalah DI).