21 Sep 2010

Ular Sanca Jadi Tontonan Warga

Ular Sanca
JAMBI – Sepasang ular Sanca (phyton) sepanjang sembilan meter, jenis kelamin betina dan jantan bikin heboh warga kilometr 18, Desa Muaro Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi.

Dua hewan melata yang memiliki kulit indah ini adalah hasil tangkapan seorang warga yang bernama Misman (49). Ular yang dimasukan ke dalam kandang mirip kotak ukuran panjang 2,5 meter dan lebar 1,5 meter tersebut menjadi tontonan warga setempat.

Agar aman, kotak tersebut juga diberi ram-raman dari plastik agar ular tidak mengigit pengnjung.

Sepasang ular Sanca ini ditangkap Miswan dilokasi yang sama, namun hanya berbeda harinya, ular Sanca berbobot sekitar 60 kilogram dengan panjang enam meter ditangkap lebih dahulu saat seorang wargan tengah ,e,bersihkan semak melukar di kebut karetnya. Selang dua hari kemudian, seekor ular Sanca betina berbobot 140 kilogram dengan panjang sebilan meter kembali ditangkap Miswan dengan bantuan warga.

Menurut Miswan, didaerahnya memang banyak sekali ditemukan ular Sanca, bahkan ia sendiri telah berulang kali menangkap ular jenis itu, terakhir kali ia tangkap seekor anak ular Sanca,”Kawasan kami banyak sekali ditemukan ular Sanca dan belum terpikir untuk menjualnya, sementara biar jadi tontonan warga” katanya. (nug)