3 Feb 2011

Imlek, Barongsai Kunjungi Rumah Warga

JAMBI – Rasanya tidak lengkap, perayaan tahun baru Imlek 2562 tidak dilengkapi atraksi Liong dan Barongsai (reflika naga dan singa).
Untuk menyemarakkan tahun baru Imlek ke 2562 tahun ini, atraksi Liong dan Barongsai dari perkumpulan Hok Liong Sai di kota Jambi tidak hanya dapat dinikmati di klenteng-klenteng atau pusat perbelanjaan saja, tetapi juga dirumah-rumah. Selain menjemput angpau, atraksi barongsai juga menyimpan makna religius, yakni dipercayai dapat mengusir segala roh jahat dan mendatangkan keberuntungan.

Selain dapat menjumpai berbagai pernak pernik imlek di rumah-rumah warga, atraksi Barongsai dan Liong dijalanan juga menjadi hiburan tersendiri bagi warga masyarakat.

Perkumpulan Hok Liong Sai, sejak pukul 07.00 pagi tadi telah mendatangi rumah-rumah warga untuk menyampaikan ucapan selamat tahun baru imlek 2562.

Atraksi tersebut sangat ditunggu oleh warga Tionghoa yang merayakan imlek, juga merupakan hiburan tersendiri bagi masyarakat yang kebetulan melintasi jalan itu, hingga menghentikan kendaraannya untuk menyaksikannya atraksi liong dan barongsai. Liuk-liuk dan tarian yang digerakan pemain liong dan barongsai membuat siapa saja yang menyaksikan akan terasa kagum.

Seperti kata Robin, setiap tahun rumahnya selalu dikunjungi rombongan barongsai dan liong, karena Robin mempercayai bahwa barongsai sarat dengan pesan-pesan religius dan yakni dapat mengusir segala macam roh jahat dan mendatangkan keberuntungan pemilik rumah, “setiap tahun baru imlek, rombongan barongsai selalu datang kerumah-rumah warga untk menyampaikan ucapan selamat tahun baru imlek dan sekaligus untuk mengusir segala roh jahat dan mendatangkan keberuntungan bagi warga.” (rom)