11 Jun 2011

Komplek Tamtama Dilalap Si Jago Merah

JAMBI - Si jago merah tak pernah pandang bulu jika sudah mengamuk!, terbukti puluhan rumah tamtama yang berada di Kompi Bantuan Batalyon 142/ Ksatria Jaya Jambi ludes dilalapnya.

Api menghanguskan 10 rumah Tamtama di blok 1/ Kompi Bantuan Batalyon 142/ Ksatria Jaya yang letaknya bersebelahan dengan Makorem 042/ Garuda Putih, di Jalan Urip Sumoharjo kawasan Telanaipura Jambi.
Asal api sendiri diduga berasal dari konsleting arus pendek listrik dari salah satu rumah prajurit di barak tersebut, kobaran api pertama kali diketahui oleh salah satu warga penghuni barak sekitar pukul 17.30 sore. Saat kejadian berlangsung kondisi komplek dalam keadaan sepi, karena banyak ditinggal prajurit berlatih di batalyon.

Para prajurit yang sedang piket beserta warga sekitar berupaya untuk memadamkan api, namun api dengan cepat menjalar ke bangunan lain.

6 unit Damkar Kota Jambi yang datang ke lokasi kejadian, baru bisa memadamkan api satu jam setelah kejadian.

Meskipun tidak ada laporan korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan Kepala Penerangan Korem 042/ Gapu, Mayor ARH. Alexius, api berasal dari rumah Praka Simanjuntak, “Api berasal dari arus pendek listrik (konsleting) di rumah salah satu anggota yang sedang latihan.”

Dengan musibah kebakaran yang melanda komplek prajurit ini, para korban kini ditampung sementara di aula Korem 042/Gapu.

Sedangkan data dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Jambi, sejak awal tahun 2011 hingga pertengahan Juni ini, setidaknya telah terjadi 32 kasus kebakaran dan 60 persen diantaranya terjadi akibat konsleting arus pendek listrik. (rom-nug)