6 Jul 2011

Dua Pecatur Gajah Jambi Meraih Prestasi Di Sumut

JAMBI – Enam putra-putri Provinsi Jambi bertempur melawan putra-putri dari provinsi se-indonesia dalam event bergengsi tingkat nasional di Sumatera Utara (Medan). menuaikan hasil yang memuaskan, keberhasilan pemain Xiangqi (catur gajah) berkat bimbingan dari Darman Wijaya dan Mulyadi selaku ketua Pengprov Pexi Jambi.
Khusus kategori junior putra U18 yang kita percayakan pada Ricky Chandra Johanes meraih peringkat kedua, disusul Eric Rudy diperingkat ke empat, sedangkan tahun lalu di DKI hanya pringkat tujuh. “Ternyata pemain Xiangqi kita berhasil meraih peringkat terbaik dari yang kita harapkan”, sementara itu adalkan pemain wanita Jambi adalah Tri Nurdianti meraih peringkat kedua, Cynthia Navela Sari peringkat keempat, dan Clarissa Kurniawan diperingkat ketujuh. Selain itu dua pemain wanita, yakni Cynthia Navela Sari dan Clarissa Kurniawan lebih baik dari tahun lalu.

Xiangqi selain seni budaya asal Cina, Xiangqi juga secara resmi telah menjadi salah satu cabang olahraga asah otak (Xiangqi/ Catur Gajah) berdiri di Jambi sejak tahun 2002 ini, telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak sekolahan untuk membina siswa-siswi yang memiliki hoby olahraga asah otak.

Namun apa kata Sekretaris Pengpro Pexi Jambi, M. Romy yang mendampingi kontingen Jambi dalam Pertandingan Xiangqi Tingkat Nasional di Sumut (Medan), “Kita sangat kecewa atas peraturan pertandingan yang panitia edarkan karena tidak sesuai dengan yang diedarkan ke daerah-daerah, dimana setiap daerah diminta maksimum dapat mengirimkan 3 orang pemain junior putra maupun wanita, ternyata Jawa Barat kirim pemainnya lebih dari 3 orang” ini sangat merugikan daerah lain, terutama Provinsi Jambi dirugikan,“ Apa yang kita sangsikan ternyata terjadi juga, panitia tidak konsekwen dengan peraturan yang mereka buat selain itu pertandinganpun bukan mengunakan sistem swiss, seperti kategori senior mengunakan swiss 9 babak, wanita sistem setengah kompetisi dan junior putra sistem pol, peraturan ini sepertinya ada indikasi bermain bagi poin.

Daftar Nama Peserta Open Turnamen Xiangqi:
Kategori Senior Perorangan.
RIAU = Harsono, Cokro Said, Iskandar.
ACEH (peninjau) = Oei Tjia Hoa, Ng A Bun, Johanes, Hasyim.
BABEL = Iwan Setiawan.
LAMPUNG = Lie Kiang Tjan, Fery, Fernandes, Kie Su Hung, Darmin.
BANTEN = Andri, Sudjata Halim, JhonnyLasorinny, Lumaunau.
DKI = Tony, Lim Kian Pak, Abuku, Tjong Kim Soei.
JABAR = Ali Wartono, Yus Gusnawan, Iwan Kurniawan, Konadi.
JATENG = Ng Kheng Hok.
JATIM = Henry, William, Eddy Suwandi, Ivan Winata.
KALBAR = Djoni, Tjia Sak Siong, Tjong Sauw Khi....

Ketegori Wanita.
SUMUT = Vindy.
SUMSEL = Eunike Regina Febby, Melani.
JABAR = Marieta Chriszabel Corola, Maureen, Diovani, Geraldine, Vania Novianti.
DKI = Dian.
JAMBI = Tri Nurdiyanti, Cynthia Navela Sari, Clarissa Kurniawan.

Kategori Junior Putra.
SUMUT = Ricky, Adi Saputra, Edwin Alexander.
ACEH (peninjau) = Filbert, Vincent, Stepen.
JAMBI = Eric Rudy, Christian, Ricky Chandra Johanes.
BABEL = Jovi Vagadiwa.
SUMSEL = Tahkesih Windi Suwarno.
JABAR = Chandra Nugraha, Rendi, Kalingga Destri