6 Agu 2011

Senam Kesehatan Thai Ji

JAMBI – Thai Ji merupakan sebuah kesenian bela diri yang berasal dari Tiongkok (China), yang mana lambat laun kesenian tersebut mengalami perobahan atau dimodifikasikan menjadi sebuah Senam Kesehatan, kini di Jambi telah memiliki beberapa perkumpulan Senam Jantung Thai Ji.

Diantaranya perkumpulan senam kesehatan jantung Thai Ji, yaitu di Klenteng Siu San Teng (kampung Manggis), perkumpulan Aneka Kesejahteraan (ANKE) di jalan Untung Suropati (puncak), perkumpulan senam Thai Ji Hakka yang berada di Jalan Kol. M. Taher (Talangbanjar).
Saat ini senam kesehatan jantung Thai Ji, tidak saja diikuti masyarakat dari kalangan Tionghoa saja, namun kini diikuti berbagai lapisan masyarakat umum maupun dari unsur agama.

Seperti kata Linda Kho, ketua perkumpulan senam pagi Siu San Teng, “bahwa kini memiliki anggota senam, lebih dari 80 orang, terdiri dari berbagai unsur masyarakat maupun usia.” Sedangkan jadwal senam di halaman klenteng Siu San Teng Jambi setiap hari Sabtu jam 05.30 sedangkan dihalaman Tri Lomba Juang (Koni) setiap hari Minggu, jam 06.00.

Sejarah Thai Ji yang dikenal dengan sebutan Thai Chi Chuan atau Taijiquan dalam Bahasa Tionghoa Romawi, Thai Chi Chuan (Thai Chi) merupakan sebuan kesenian yang sangat menakjubkan khususnya dalam Tiongkok klasik, yang telah diakui oleh pratisi Thai Chi Chuan di sepanjang zaman.

Tai Chi Chuan merupakan seni menguji waktu yang melatih tubuh aliran energi dan pikiran dan dapat digunakan untuk kesehatan, panjang umur, pertahanan diri, kesegaran mental dan perkembangan spiritual, tanpa memandang ras, kebudayaan atau agama. Seni ini dideskripsikan sebagai puisi dalam gerak dan secara keliru sebagai bertinju dengan bayangan dalam gerak lambat mengungkapkan kurangnya pemahaman akan kedalaman dan dimensi seni itu.

Seperti yang diperlihatkan judulnya, menjelaskan secara lengkap mengenai Tai Chi Chuan dari yang paling mendasar hingga paling maju. Ini memberikan sesuatu yang berharga bagi siapa saja yang tertarik dengan seni tersebut. Inilah tujuan Tai Chi Chuan, termasuk pencapaian rahmat dan keseimbangan, peningkatan fisik dan keseimbangan emosional serta perkembangan tenaga internal atau aliran energi dari sinilah Tai Chi Chuan dikenal namun tidak terlalu dipahami.

Berbagai tujuan ini menunjukkan bagaimana cara menerapkan Tai Chi Chuan untuk keperluan perang, khususnya bagaimana menggunakan kekuatan musuh untuk melawan diri mereka sendiri dan membandingkan bermacam gaya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda. Hal inijuga membantu anda memahami bagaimana master terdahulu menerapkan Tai Chi Chuan untuk pengolahan spiritual.

Namun meski cakupannya sering terasa sangat dalam dan luas, pengetahuan Tai Chi Chuan tidak bisa diprioritaskan satu persatu. Jika anda ingin menikmati keuntungan yang menakjubkan, anda harus berlatih dengan benar dan konsisten, tidak ada bacaan yang dapat membuat anda menjadi praktisi Tai Chi Chuan yang kompeten.

Disini juga tersedia informasi yang berharga, dipilih dari kumpulan kebijaksanaan master terbesar Tai Chi Chuan. Akan tetapi jika anda tidak memprakterkkannya, yang mungkin hanya memberi kesenangan membaca. Anda mungkin dapat membicarakan Tai Chi Chuan dengan teman-teman anda dan bahkan menawarkan nasihat baik untuk para praktisi tetapi anda sendiri tidak mungkin mendapatkan bentuk kesehatan yang memancar, kegesitan yang anggun dan kejernihan mental. (Romy)