23 Mar 2012

Persiapan Sejit Hian Thian Siang Tee (玄天上帝 ) Di Makin Hok Sin Tong Jambi

JAMBI – Ratusan umat Khonghucu besok (24/3) bakal membanjiri Majelis Agama Khonghucu Indonesia (MAKIN) Klenteng Hok Sin Tong untuk memeriahkan sejit para suci Hian Thian Siang Tee (玄天上帝 ) yang berlokasi di RT. 23 Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung.

Klenteng Hok Sin Tong  termasuk salah satu Klenteng yang usianya cukup tua di Kota Jambi, Klenteng tersebut didirikan pada tahun 1946 dengan ukuran dalam ruangan 12 X 8 meter dan direnovasi pada tahun 1986.

Mengingat jasa para suci shen ming Hian Thian Siang Tee (玄天上帝 ) yang telah banyak membantu berbagai lapisan masyarakat, maka tidak heran di setiap perayaan ulang tahun dan kho khun warga tionghoa yang memeluk kepercayaan Khonghucu akan membanjiri Klenteng-Klenteng diseluruh tanah air.

Sejak pagi tadi (23/3), sekitar pukul 07.30, para pengurus Makin Klenteng Hok Sing Tong beserta loco (panitia) menyembleh kurban babi sebnyak 21 ekor untuk sembahyang Tie Kong.

Di dalam sejit Hian Thian Siang Tee (玄天上帝 ) kali ini tergolong khusus karena akan dikunjungi puluhan tamu dari Penang (Malaysia), Jakarta dan Sematera Selatan. Ujar Darman Wijaya, “Besok klenteng kita mendapatkan kehormatan, karena akan dihadiri para pengurus perkumpulan suku Hokkian (Ankhue/Anxi 安溪) dari Penang (Malaysia, Jakarta dan Palembang” ujar Darman disela melayani beberapa tamu (Romy).