12 Agu 2012

Vihara JM Bagi Paket Lebaran Buat Petugas Kebersihan Kota Jambi

JAMBI - Idul Fitri 1433/Hijriah tinggal hitungan hari, Idul Fitri tentu sangatlah dinanti-nantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, tidak terkecuali di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, berbagai persiapan dilakukan oleh keluarga dari menyiapkan hidangan sahur dan berbuka puasa hingga pakaian baru untuk merayakan Lebaran. Namun keceriaan Idul Fitri ini tak bisa dirasakan oleh semua orang. Banyak pula yang merayakan Idul Fitri dengan penuh kesederhanaan dan keprihatinan.
Potret kehidupan seperti ini banyak ditemui di dalam keluarga para pekerja kasar dan buruh harian yang banyak sekali ada di kota besar, salah satunya adalah petugas kebersihan yang merupakan mayoritas dikerjakan oleh kaum hawa untuk membantu keluarga memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Vihara Jaya Manggala pun memberikan perhatian kepada para petugas kebersihan di Kota Jambi,  Jaya Manggala menyadari bahwa mereka ini menduduki posisi penting dalam kehidupan sehari-hari di Kota Jambi “Boleh dibilang mereka adalah pahlawan kebersihan Kota Jambi”.
Merekalah yang selama ini menjaga kebersihan lingkungan Kota Jambi. Kalau tidak ada mereka entah akan bagaimana kehidupan kita. Oleh karena itu di saat berbahagia seperti ini selayaknyalah kita berbagi dengan mereka,” ujar dr Erdianto, sekretaris Jaya Manggala Jambi yang menjadi kordinator kegiatan ini.

Sebanyak 100 paket lebaran dibagiikan kepada petugas kebersihan Kota Jambi berbagai barang kebutuhan pokok lebaran. Acara dilangsungkan di komandani Ayong pada hari Minggu tanggal 12 Agustus 2012 pukul 05.30 WIB, sebelum aksi sosial ini dilakukan beberapa muda mudi Jaya Manggala telah mempersiapkan barang yang akan dibagikan dengan rapi ke dalam sebuah kantong plastik (asoy) untuk memudahkan pembagian.
Tersirat diwajah kebahagiaanpun terpancar dari wajah para penerima bantuan termasuk Suparti. Ibu dengan 3 orang anak ini sehari-harinya bekerja sebagai penyapu jalan di depan Mall WTC Jambi. Mereka telah berada dilokasi kerja mereka sejak pukul 04.30 dini hari, “Saya sudah bekerja seperti ini selama 3 tahun, awalnya berat, harus bangun dini hari untuk menyapu jalan, namun lama kelamaan juga sudah biasa,” katanya. Saat menerima barang bantuan dari para pengurus Vihara Jaya Manggala, wajahnyapun berbinar-binar bahagia dan penuh syukur. “Barangnya sangat banyak, saya berterima kasih sekali atas bantuannya. Semoga Tuhan yang membalas semua kebaikannya,” ucapnya terharu.

Begitu pula dengan beberapa petugas kebersihan Kota Jambi yang mengenakan seragam pasukan kebersihan (orange). “Kami mengucapkan syukur dan terima kasih atas bantuannya ini. Ini sangat membantu kami,” kata salah satu wanita dí sela-sela menerima peket. Sebuah potret kehidupan warga kelas bawah Kota Jambi yang bekerja keras di jalanan demi sesuap nasi. Semoga apa yang sudah dilakukan Vihara Jaya Manggala dapat menjadi saluran berkah dan aliran cinta kasih sesama insan terus mengalir (Romy).