10 Nov 2012

Taman Kanak-Kanak Sariputra Berdana Di Hari Kathina

JAMBI – Sabtu pagi ratusan anak TK Sariputra menyambut Hari Kathina dengan berdana kepada Bhiksu secara bergiliran di aula Baktisala Vihara Sakyakirti Jambi (10/11-2012), ada yang berdana berbentuk kebutuhan sehari-hari seperti, obat-obatan, makanan, pasta gigi, sikat gigi dan angpao dari hasil tabungan mereka sendiri.
Hari Kathina umumnya dirayakan pada bulan Oktober dan November, di akhir masa Vassa, yakni di akhir masa musim hujan.

Selama musim hujan ini, para Sangha akan menyendirikan/ mengasingkan diri mereka sendiri untuk mengasah dan mengolah pengetahuan Dhamma mereka dan ber-Meditasi (bisa di dalam satu vihara saja atau di dalam hutan), dan juga berusaha untuk tidak keluar dari tempat pengasingan mereka kecuali diharuskan/diperlukan sekali. Musim hujan biasanya di mulai 3 bulan sebelum bulan Oktober, yaitu dari bulan Juli (berdasarkan tanggalan di negara Buddhis).

Setelah para Bhikkhu menyelesaikan pengasingan diri mereka selama musim hujan ini, mereka akan keluar kembali ke masyarakat umum, dan pada umumnya para umat Buddhis akan merayakan hal tersebut dengan mempersembahkan kain/jubah dan segala kebutuhan dasar kepada para Bhikkhu, dan masa itu lah yang dinamakan dengan Hari Kathina, yang terkadang sering disebut sebagai “Berkah Kathina”. Hari Kathina ini biasanya dirayakan oleh semua umat Buddhis dari bulan Oktober sampai November. (Romy)