27 Jan 2009

Imlek, Barongsai Kerumah Warga

JAMBI – Perkumpulan Hong Liong Sai Jambi, memeriahkan Perayaan Tahun Baru Imlek (Yin Li Xin Nian) jatuh pada tanggal 1 bulan 1 tahun Imlek (Cia Gwee Che It) dengan mendatngi rumah-rumah warga Tionghoa untuk memberikan ucapan Tahun Baru Imlek.

Perayaan Tahun Baru tidak lengkap rasanya tanpa adanya atraksi Barongsai dan Liong, untuk itu sejak pukul 06.00 WIB rombongan Perkumpulan Hong Liong Sai Jambi yang bermakas di Koni IV, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Menyemarakan Tahun Baru Imlek ke 2560 ini, atraksi Barongsai dan Liong mengelilingi rumah-rumah warga mulai star dari simpang empat Jelutung, atraksi tersebut tidak hanya dapat di nikmati di Klenteng maupun Pusat Perbelanjaan saja, tetapi juga dapat di nikmati masyarakat sepanjang perjalanan.

Kehadiran Perkumpulan Hong Liong Sai Jambi kerumah warga juga menyimpan makna religius, yakni kepercayaai masyarakat Tionghoa barongsai dan Liong dapay mengusir segala roh jahat dan mendatangkan rejeki yang berlimpah.

Atraksi ini sangat ditunggu oleh warga Tionghoa maupun masyarakat umum, terbukti dimana ruter yang akan dilalui rombongan Barongsa dan Liong, masyarakat telah memadati sisi jalan, mereka ingin menyaksikan langsung atraksi secara dekat.

Rudi Lidra, salah satu pemilik rumah yang didatangi rombongan Barongsai dan Liong, mengatakan, semoga setelah Imlek ini, kita semua diberi kesehatan dan rejeki meningkat terus, demikian juga dengan komentar Ketua Pengprov Pexi Jambi, Darman Wijaya, “dengan pengantian tahun tikus ke tahun kerbau ini, akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia, khusus bagi masyarakat di Jambi. (Rom/Yul/No2)