6 Mar 2010

Xiangqi Olahraga Asah Otak

JAMBI, ayojambi.com – Pertandingan akbar Kejuaraan Nasioan (kejurnas) Xiangqi (Catir Gajah) Ke-X tinggal hitungan hari, berbagai persiapan telah dilakukan para pecinta Xiangqi (Catur Gajah) yang dibawah naungan Pengprov PEXI. Kejuaraan itu merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan secara bergilir dari satu pengprov ke pengprov lainnya.

Diantaranya atlit dari Pengurus Provinsi Persatuan Xiangqi Indonesia (Pengprov PEXI) Jambi, telah melakukan latihan intensif untuk mengikuti kejuaraan tersebut, pasalnya mereka terseleksi dalam Kejurda bulan Agustus 2009 lalu, karena tahun lalu Kejurnas Xiangqi (Catur Gajah) tidak jadi dilaksanakan.

Sesuai dengan program kerja Pengprov PEXI Jambi, bahwa mereka (atlit) yang berprestasi dalam Kejurda Xiangqi akan di dikirim untuk mewakili Jambi dalam ajang nasional, ternyata Kejurnas Xiangqi tahun 2009 gagal dilaksanakan sampai batal mengirimkan atlit ke Vietnam ikut terimbas, dengan kejadian tersebut, membuat atlit Xiangqi (Catur Gajah) Jambi pada kecewa, tidak hanya atlit yang kecewa, melainkan beberapa sekolah yang muridnya ikut dalam pendidikan ekstra kurikuler juga merasa kecewa, bahkan nyaris lagi Pengprov PEXI di Jambi membubarkan diri.

Semua itu dapat terobati, karena Kejurnas Xiangqi dapat dilaksanakan di Jakarta, walaupun tidak tepat waktunya, seperti uraian atlit Xiangqi (Catur Gajah) Jambi, Tri Nurdiyanti yang berasal dari Kabupaten Merangin yang sekolah di SMA Titian Teras Kabupaten Muaro Jambi kepada team ayojambi.com,”Kita sempat kecewa berat karena dua event gagal saya ikuti, diantaranya di Kejurnas Xiangqi (Catur Gajah) dan Asian Indoor Games (AIG) di Vietnam”. Tambah Tri, kita harapkan agar dewan juri yang akan mimpin dalam Kejurnas Xiangqi kali ini bebas dari pro ke daerah mereka, kalau terjadi, maka citra PB PEXI akan tercoleng dimata masyarakat, imbuhnya (nug)