5 Mar 2010

Yang Menarik Dari Malam Cap Go Me

JAMBI, ayojambi.com – Malam Cap Go Me/ malam tanggal 15 imlek merupakan akhir dari tahun baru Imlek, pada malam tersebut maupun sehari sebelum diberbagai daerah di tanah air pada adakan acara malam Cap Go Me. Ada kanaval lampion, arak-arakan Sin Beng (baca kimsin/ patung dewa red), atraksi barongsai, liong dan yang tidak kalah seru adalah atraksi menyiksa diri dengan benda tajam.

Untuk perayaan malam Cap Go Me di Jambi dipusatkan dikawasan Koni, pada malam itu ribuan warga masyarakat Jambi tumpah ruah baik di beberapa klenteng yang adalah karnaval maupun menyaksikan dari jalan-jalan yang akan dilalui karnaval, bahwa untuk sementara jalan yang dilalui arak-arakan sementara ditutup untuk memberikan kesempatan kepada warga yang hendak menyaksikan acara Cap Go Me.

Selain karnaval malam Cap Go Me, panitia juga adakan hiburan musik dengan menampilkan penyanyi-penyanyi dari Jakarta seperti Andy Chen, Indah dan Kimberly.

Klenteng yang tampil dalam Cap Go Me adalah klenteng MAKIN Leng Chun Keng, klenteng MAKIN Sai Che Tien, klenteng Hok Kheng Tong dan tempat ibadah Lam Tien Tong. Dengan menurunkan sejumlah Shen Ming/ Sin Beng (baca dewa red),
diantaranya dari klenteng Makin Sai Che Tien, sin beng “Hok Hie Te Sien, Go Hu Tua Lang Kong”, terus dari Makin Leng Chun Keng, sin beng “Che Liong Kong”, dari klenteng Hok Kheng Tong, sin beng “Cheng Cui Co Se, Kwan Seng Tai Te, Hien Tien Siong Te” serta dari rumah ibadah Lam Tien Tong menurunkan sin beng “Tai Sang Lau Chin, Go Lui, Mau San Co Se”. Perayaan ini murni diselenggarakan oleh para penganut agama Khonghucu di Jambi.

Parade lampion, atraksi barongsai, liong arak-arakan tandu sin beng (patung dewa) belangusng di sepanjang Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Talangjauh, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, yang jaraknya lebih dari lima kilo.

Turut hadir dalam perayaan malam Cap Go Me, terdiri dari para pejabat Pemda Provinsi jambi dan Kota Jambi, serta tokoh-tokoh masyarakat setempat. rom