3 Apr 2010

Dimana Saja Bisa Main Xiangqi

JAMBI – Permainan Xiangqi (Catur Gajah) yang berasal dari daratan Tiongkok sejak ribuan tahun silam, kini menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan setiap tahun.

Pertandingan tersebut merupakan agenda tahunan dari Persatuan Xiangqi Indonesia (PEXI) yang diselenggarakan secara bergilir dari satu pengprov ke pengprov lainnya, pertandingan tersebut dinamakan Kejuaraan Nasioanl Xiangqi (Kejurnas) dengan tujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan Pengprov PEXI dalam pembinaan, juga sebagai ajang mencari bibit pemain yang akan diorbitkan sebagai pemain nasional PB PEXI.

Sebagian orang masih beranggapan permainan Xiangqi (catur Gajah) hanya dimainkan oleh kalangan masyarakat Tionghoa yang dimainkan di warung-warung kopi, tempat ibadah umat Khonghucu seperti di klenteng-klenteng. Ternyata pemikiran tersebut tidak seratus persen benar, karena bagi seorang pengemar Xiangqi, bisa saja bermain dimana saja, tidak mesti diwarung kopi maupun klenteng.

Seperti tampak dalam gambar, ada beberapa pengemar Xiangqi yang berasal dari Jateng tengah bermain Xiangqi dipikir jalan, sangking asiknya mereka bermain, merekapun lupa dengan waktu. hingga bermain sampai dini hari ditemani segelas kopi dan makanan kecil yang dijual dipinggir jalan Jakarta. (rom)