25 Jun 2010

Memperingati Ulang Tahun Dewa Kwan Kong

TUNGKAL, Jambi – Ratusan umat Khonghucu dari Kuala Tungkal dan Jambi, Kamis  kemarin (24/6) ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun Sin Beng, Kwan Seng Te Kun (Kwan Kong) di Tempat Ibadah Kwan Kong Bio.

Sehari sebelumnya Haul Kwan Seng Te Kun (23/6 dini hari), diadakan peresmian gerbang Kwan Kong Bio dan ptung kuda prosesi tersebut dipimpin oleh Sai Kong, Ng It Cho dari Sumatera Selatan, siangnya prosesi pemotongan hewan yang dipersembahkan oleh umat dari Jambi, Jakarta, Medan, Air Hita dan Kuala Tungkal.

Bun Cin, selaku pengurus Kwan Kong Bio mengatakan, acara semacam ini rutin dilakukan setiap tahun semenjak didirikan Kwan Kong Bio 4 tahun yang lalu. ” Kami melakukan ini sebagai ungkapan terimakasih, perlindungan dan mengharapkan berkah dari sin beng/ dewa Kwan Kong yang disimbolkan sebagai dewa kebijaksanaan. Dengan digelarnya acara semacam ini kami mengharapkan berkah, agar semua umat didunia dan Indonesia khususnya diberi keselamatan, aman dan sentosa oleh tuhan “ ucapnya.

Kwan Kong Bio yang terletak di Jl. Prof. Dr. Sri Soedewi, Rt. 24, Kelurahan Tungkal Harapan, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi, kini jauh berbeda dengan tiga tahun yang lalu, dimana pertama penulis kesana, belum jalan maka melalui sekeping papan yang dibentangkan diatas rawah/ tanah gambut. Siapa sangka dalam kurun waktu tiga tahun, Kwan Kong Bio berkembang begitu pesat, kini Kwan Kong Bio berupakan salah satu tempat wisata di Kuala Tungkal, pasalnya jika kita akan masuk ke kota Kuala Tungkal, kita akan terlihat pintu gerbang yang begitu megah dengan sepasang Naga/ Liong berada diatas atap gapura.

Melalui jari-jari lentik para ahli Sumatera Selatan (Palembang) dan Jawa Barat (Bandung) mempolesi dinding-dinding, juga dimeriahkan kaborasi warna merah dan kuning, menambah keagungan gerbang kebajikan. (rom)