3 Jul 2010

Dharmasanti Waisak 2554/BE

JAMBI – Puncak perayaan Dharmasanti Waisak 2554 di Jambi digelar di Abadi Convention Center, Jambi, Sabtu Malam (3/7). Acara yang dimulai pukul 18.00 WIB dihadiri lebih dari seribu umat Buddha.

Perayaan Dharmasanti, merupakan rangkaian terakhir Hari Waisak, yang diselenggarakan oleh Vihara Sakyakirti Jambi setiap tahunnya.

Menurut salah seorang panitia, Bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan Waisak yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dharmasanti Waisak ini merupakan puncak dari perayaan Waisak yang digelar Vihara Sakyakirti Jambi dan kegiatan ini merupakan agenda tahunan Vihara Sakyakirti Jambi.

Undangan berasal dari Kota Jambi, Kuala Tungkal dan Bungo. Selain itu panitia juga mengundang semua vihara yang ada di Kota Jambi untuk menyemarakan acara tersebut.

Bahwa Waisak tahun ini diperingati seperti tahun-tahun yang lalu, dimana Vihara Sakyakirti Jambi akan menggelar berbagai rangkaian kegiatan yang menjadikan satu kesatuan untuk melengkapi perayaan Dharmasanti Waisak/BE.

Rangkaian kegiatan berupa berbagai pertunjukan mulai dari pertunjukan barongsai dan naga. Selain itu ada juga tari sekapur sirih yang dipersembahkan siswa Sariputra, tari yang dipersembahkan Wanita Buddhis Indonesia (WBI) dan tari kipas.

Selain itu ada juga kegiatan seribu tangan, tarian perak, vocal group, band, menyanyi, kesenian angklung dari SD Sariputra. Kegiatan ini mengambil tema Kesadaran Penuh Waisak, Penyadaran kembali Nilai Spirtual dan Nasionalisme.

Sedangkan detik-detik waisak 2554 sudah diperingati pada tanggal 28 Mei 2010 tepat pukul 06.07.03 WIB di Vihara Sakyakirti Jambi beberapa waktu lalu. Peringatan Dharmasanti Waisak ini merupakan puncak dari perayaan Waisak 2010 bagi Vihara Sakyakirti Jambi.

Sampai berita ini diturunkan puncak acara masih berlangsung, walaupun hujan rintik-rintik membasahi kota Jambi(ROMY)