15 Jun 2011

Pexi Jambi Siap Ikut Kejurnas Xiangqi Di Sumut

JAMBI – Pengurus Provinsi Jambi, Persatuan Xiangqi Indonesia (Pengprov Pexi) Jambi siap mengirimkan para pemain Xiangqi (catur gajah) ke Sumatera Utara (Medan) akhir Juni mendatang dan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas).

Pengprov Pexi Jambi tahun ini akan mengirimkan pemain Xiangqi (catur gajah) tingkat junior putra-putri dalam turnamen Kejuaraan Xiangqi Nasional Ke-XI (Kejurnas) yang diselenggarakan dari 29 Juni hingga 3 Juli 2011 di Citi In Hotel, yang terletak di Jalan Sun Yat Sen No. 77, Medan (Sumut).
Saat ini semua pemain sedang dilatih oleh para pencinta Xiangqi senior di beberapa lokasi, agar mereka bisa menggali ilmu dari pemain-pemain senior.

Rombongan akan dipimpin oleh Ketua Pengprov Pexi Jambi, Darman Wijaya beserta Ketua harian Pengprov Pexi Jambi, Mulyadi.

Pemain yang akan diturunkan terdiri dari junior putra, 1. Ricky Chandra Johanes (SMP Bina Kasih), 2. Christian (SMP Bina Kasih), 3. Eric Rudy (SMA Unggul Sakti), sedangkan pemain junior putri terdiri dari 1. Tri Nurdiyanti (SMA Titian Teras), 2. Cynthia Navela Sari (SMP Bina Kasih), 3. Clarissa Kurniawan (SD Bina Kasih) dan Cien Han (Leader).

Menurut keterangan Ketua Pengprov Pexi Jambi, Darman Wijaya yang didampingi Mulyadi, bahwa, “Xiangqi merupakan salah satu seni budaya yang berkembang menjadi cabang olahraga yang ada di Indonesia. Dulu Xiangqi dinamakan catur gajah. Olahraga ini berasal dari Cina (Tiongkok) dan kini telah digemari dari berbagai kalangan untuk meningkatkan tali persaudaraan/ persahabatan”.

Sedangkan pemain senior beberapa tahun ini bukannya meningkat pola permainan melainkan mengalami kemunduran, maka Pexi Jambi putuskan tidak mengirimkan pemain-pemain senior tahun ini.

Selanjutnya tambah Mulyadi selaku pengurus harian Pengprov Pexi Jambi, “Tahun ini kita Jambi hanya mengirimkan pemain junior putra dan putri, dengan harapan agar mereka bisa lebih banyak belajar dari pemain dari daerah lain.”

Yang sangat diharapkan dari Sekretaris Pengprov Pexi Jambi, M. Romy, “Secara pribadi kita harapkan agar para panitia penyelenggara bermain sportif dalam event bergengsi ini, jangan merusak citra dari Kejurnas Xiangqi demi mengejar hadiah-hadiah, dengan segala cara rela merugikan daerah yang pernah melakukan turmanen Kejurnas, yang tak kalah penting adalah saat Rakornas/ Rakernas Pexi, disini kita mengharapkan agar ketua PB Pexi dapat memperlihatkan daftar susunan kepengurus PB Pexi yang dibentuk tahun 2009 di Hotel Omne Batavia Jakarta.

Disamping itu juga Pengprov Pexi Jambi sangat mengharapkan dukungan dari para kepala sekolah, guru-guru di sekolahan untuk meningkatkan olahraga khususnya Xiangqi di sekolahan. ini membuktikan olahraga Xiangqi sudah mulai diminati kaum usia muda yang memiliki kemampuan yang tidak bisa diragukan," katanya. (team)